Menginap di Cottonwood B&B Bandung

Sunday, January 28, 2018


Ada salah satu B&B yang sudah menarik perhatian saya dari beberapa tahun yang lalu, mulai dari masih ngantor di jakarta. Saya masih inget waktu itu ngga sengaja scroll instagram terus nemu review tentang B&B ini, nggak lama eh ketemu lagi waktu blogwalking... dalam hati pengen banget, suatu hari mau nyobain nginep di tempat ini.

Cottonwood B&B ini terletak di Bandung, dulu waktu di jakarta meski agak sering ke Bandung  tapi nggak pernah mikir buat nginep di tempat-tempat begini karena jaman itu masih anak hemat, dan lagi seringnya ke Bandung itu sendirian atau sama tim DUBIDAM yang mostly isinya para lelaki yang nggak bakalan mau diajakin nginep di tempat se-cute-ini, pasti bagi mereka mending budgetnya buat main atau jajan. Selain itu, temen saya yang tinggal di Bandung juga banyak banget, sehingga kesempatan buat nebeng bobo sehari dua hari mah tinggal milih aja mau ke kosan atau kontrakannya siapa.

Tapi.... tahun kemarin (apa ghe? tahun kemarin? ngga kurang lama baru di review sekarang) saya kebetulan ada urusan ke Bandung, dimana udah ngga mungkin banget numpang di kosan temen karena sekarang udah nikah, yakali bobo bertiga. Jadilah dengan semangat saya yang emang demen nata itinerary langsung browsing penginapan di Bandung yang ternyata itu di zaman now makin keren keren, sampe bingung sendiri mau pilih yang mana. Tapi karena ada penasaran yang belum kesampaian, teteuppp opsi yang dipilih pertama adalah cottonwood, saya cari reviewnya di blog-blog orang, rate harganya, cara booking, dkk. Alhamdulillah meski tempatnya so cute mas hanif mau mau aja.

Ohya catetan penting, buat booking kita langsung masuk websitenya gitu deh, karena booking dulu dan reservasi langsung disana harganya bakal beda. Jadi mending ya booking dulu sih, lebih murah. Nah karena pilihan kamar di cottonwood ini ada banyaaaaaaaak, dan setiap kamar itu punya karakter masing-masing, diawal saya sempet bingung gitu mau yang mana, berasa pengen semua. Baladah kebanyakan mikir, begitu udah nentuin pilihan dan mau booking, eh udah kebooking duluan sama orang lain. Ternyata lumayan cepet banget tempat ini booked. Sempet sedih karena udah kepengen salah satu kamar inceran tapi kalah cepet bookingnya, yaudah saya buru-buru cari opsi kamar lain dan nggak pakek lama langsung reservasi daripada menyesal.




Awal sampai di depan lokasi, rasanya udah happy banget, tempatnya bikin seneng padahal belum masuk. Haha, anaknya lebay banget banget yah. Kebetulan hari itu abis muter-muter kemana-mana dan ngebayangin bakalan bobo cantik di tempat secute ini bikin happy. Kita disambut oleh satpam, dan dibantu checkin oleh beliau karena resepsionisnya nggak sampe malam (kita mah kemalaman datangnya, sok kebanyakan urusan sih).

Ohya, cottonwood ini terletak di perumahaan biasa, bukan yang dipinggir jalan besar gitu. Jadi satu sama pemukiman penduduk dan bikin suasananya lebih homey. Ada kurang lebih 3 lantai kalo saya nggak salah inget, dimana bagian basementnya disulap jadi cafe kekinan, lalu lantai 1 &2 untuk kamar-kamar tamu dan tingkat paling atas itu rumah ownernya. Wohoho seneng bangeeeet yah, punya rumah yang bisa sekalian jadi tempat usaha macam ini. Ah someday pengen bikin gini juga tapi di malang amin amin. Ada appleberry shop & cafe, terus penginapan, workshop, dan rumah. Dalam satu tempat. Bisa ngurusin hobi dan passion yang menghasilkan sekaligus ngurus keluarga. Amin amin amin.

Say tahnkyou ke mr. tripod udah di fotoin wqwq

Awal masuk kamar, aromanya udah bikin tenang. Waktu itu masih jaman awal mula ada fitur live story instagram dan saya iseng nyobain perdana, eh rame banget pada nanya itu dimana. Abis emang tempatnya cute. Kamar mandinya juga bagus, apalagi buat yang seharian riweuh, rasanya ngelemesin otot-otot dibawah shower hangat itu bikin legaaaaaa... Perlengkapannya juga mayan lengkap sih, handuk, shampoo, sabun semua ada. Ada free mineral water. Kalo pengen kopi dan teh juga ada tapi diluar kamar, self services gitu ada spotnya sendiri.

Paginya, saya dan mas hanif memilih buat sarapan di cottonwood sekalian. Karena emang ada semacam cafe di bagian basement yang tadi sempat saya singgung itu. Kalo dari baca-baca review blog sebenernya kalian bisa milih waktu reservasi mau include breakfast atau engga. Saya sih kemarin pilih tanpa breakfast dengan beberapa pertimbangan diantaranya takut paginya keburu-buru cabut. Tapi ternyata ada beberapa agenda yang di reschedule jadi punya waktu sampe siang buat tetep di cottonwood. Yeeyeyeye bisa main ke cafenya yang udah bikin saya penasaran dari pas nemu foto-fotonya di instagram dulu.

Waktu kami masuk ke cafe, tempatnya sepi nggak terlalu ramai, karena kesiangan juga sih kayaknya udah jam 9an sementara kebanyakan orang lain mungkin breakfastnya jam 7. Ada banyak menu yang bisa kita pilih disana. Sebenernya kita tadi pagi udah sempet sarapan di kamar karena emang bawa bekal. Jadi rencananya cuma mau jajan aja disini, nggak makan berat. Mas hanif milih-milih menu sementara saya begitu masuk udah asik sendiri ke sudut-sudut lokasi karena gemes sama benda-benda yang ada disana.


Ownernya ini katanya emang suka hal-hal handmade gitu, jadi ada spot yang jualan barang-barang lucu dan sebagian besar adalah produk handmade. Katanya dulu malah ada spot khusus untuk ini tapi terus sekarang dijadikan satu di cafenya. Pajangan-pajangannya juga indah-indah semua. Terus... ada rak buku yang isinya semua hal-hal yang saya sukai! AAAAH udah aja saya nggak kepengen makan apa-apa, ngga pengen kemana-mana, maunya stay disini aja sampe entar-entar.

Bukunya mulai home decor, DIY, knitting, fotografi, dan lain-lain. Favorit saya banget lah intinya. Ngelihat istrinya udah asik sendiri, mas hanif berusaha cari kesibukan sendiri dengan bikin videonya tempat ini (tapi belum di edit padahal enak kalo di post sekalian yha kaan, bisa lihat ga seedar foto). Saya sama sekali ga ikutan main kamera, karena udah nemu 'dunia'-saya sendiri. Ohya saya sempet juga ngegarap kerjaan bentar karena tempatnya cucok buat kerja, nyamaaan.

Kebetulan banget tiba-tiba hujan lumaya deras, yang bikin kita memutuskan buat stay lebih lama karena kita kesini bawa motor pinjeman dari alfian (baiknya), yang pastinya bakal riweuh kalo berkendara pas ujan. Sambil nunggu ujan, mas hanif ngurusin check-out kita dulu sementara saya tetep di cafe baca buku wqwq. Barang bawaan juga ngga terlalu banyak, jadi taruh di cafe sekalian aja biar nanti bisa langsung chaw ngga perlu balik kamar. Kebetulan juga hari itu hari jumat, jadi sambil nunggu hujan reda mas Hanif jumatan di area situ. Sementara saya ngga bakalan nolak kalo ditinggalin sama buku-buku ini semua.


Sebenernya saya penasaran banget sama ownernya, berasa pengen kenalan sama ngobrol-ngobrol. Karena dibalik tempat yang se-cute ini pasti ada orang keren dibaliknya.

Ohya buat yang mau ketempat ini lokasinya di Jalan Mustang B2/1A, gampangnya lagi sih langsung aja lihat di maps. Untuk reservasi juga bisa langsung lewat webnya (barusan saya cek abis redesign dan beda sama waktu dulu saya booking), cek disini yah.

Alhamdulillah keturutan penasarannya, dan kudu banyak-banyak terimakasih ke Mas Hanif yang udah sabar sama istrinya yang excited sendiri terus menerus, dikit dikit heboh 'eh bikin ini yuk!', 'aaah ini cute banget mau mau mau', 'kapan ya bisa bikin ini', 'tar sampe malang langsung agendain pasang ini juga yuk' dan lain lain.... hebatnya mas hanif tetep enjoy dan nangepin istrinya terus.


Pulang dari sini kita langsung ke penginapan hari kedua kita yaitu pavilion 19 yang nggak kalah cutenya dan udah saya review duluan, cek disini bisaaa.  Kalo untuk pavilion kita bookingnya via airbnb.

Dua hari di Bandung dan nyobain 2 tempat nginap yang bagus-bagus bikin berasa happy. Penat-penat ilang digantikan sama ide-ide baru yang udah berebutan pengen dilaksanakan. Ah, emang butuh ya staycation macam begini ditengah padatnya rutinitas sehari-hari. Jadi selanjutnya kita mau kemana? (kedipin mas hanif wqwq)

With love,

You Might Also Like

13 comments

  1. sebagai orang bandung, jarang banget staycation di bandung. ahaha

    sering liat yang review cottonwood ini, instagramable banget ya tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak istagramable banget tempatnya, padahal udah dari agak lama loh, sebelum bermunculan tempat-tempat hitz baru ini. Biasa tuh emang mbak, saya juga di malang jarang banget staycation di malang hehehe. Lebih nyaman rumah sendiri kali ya :D

      Delete
  2. Aku juga udah lama denger soal tempat gemes ini. Buat nge-date atau staycation bareng suami memang oke banget, ya :D

    Btw, salam kenal juga, Mba Ghea. Ihh, Mbake masih muda ternyata! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak, cafenya recommended. Nyaman banget hehehe :D

      Delete
  3. tata letak benda2 yg ada didalam fhoto2ya rapi dan menarik sekali. Cukup menginspirasi. :)

    ReplyDelete
  4. wah tempatnya lucu banget, moga segera dapat kesempatan nginep di sana

    ReplyDelete
  5. Emang ya mba orang yang dibelakang design itu keren banget. Karena jujur aku pun gak bisa bikin kaya gituan, yang cucok dimata, lucu dan gak bikin sakit mata. Lokasinya di Bandung sih yaa, tapi emang Bandung banyak sekali tempat yang kece-kece T___T

    Pengennya sih punya rumah yang design-nya begitu jadi gak perlu nginep-nginep di tempat lain. Hihi padahal mah pengen ngirit aja :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak berasa pengen kenalan aku hahaha. Tapi kmrn ga sempet ketemu sih huhuh. Bandung emang banyak, berasa bingung tiap mau nyusun itinerary pengen di samperin semua.

      Bikin mbak, bikiiin! Semangat :D

      Delete
  6. Wa bisa jadi referensi ini mba kalau lagi jalan jalan ke Bandung. Terima kasih mba informasinya..

    ReplyDelete
  7. Habis baca ini, seketika ingin liburan :"
    makasih mbaak referensinya

    ReplyDelete

Drop some hello here! :)

ALL TIME HITS

My Latest Vidio

Featured Post

Pembubaran Panitia Pernikahan dan Ulang tahun ke 21

Rasanya miris sendiri lihat blog nggak pernah update padahal bahannya super banyak. Efek mindset saya kekeuh pengen posting semua hal sepu...